Pilihan “Taktis” memilih calon pemimpin

Biasanya dalam suatu organisasi pasti aka nada satu orang yang akan disebut ‘icon’ dari suatu organisasi itu. Yah apalagi kalau bukan yang namanya ‘Ketua Organisasi’. Tradisi Ormas-ormas (Organisasi mahasiswa) di IPB, dalam memilih ketua itu caranya dengan Musyawarah. Musyawarah menjadi satu hal yang mutlak, mutlak untuk mencapai mufakat. Tetapi seringkali melalui musyawarah pun masih sulit menemukan satu titik temu. Terlalu banyak suara peserta musyawarah yang berbeda pendapat, sehingga hanya akan memakan waktu yang lama untuk mengerucutkan suatu suara. Satu solusi lain yang ditawarkan dari tradisi IPB yaitu ‘lobby’. Ngelobi maksudnya memilih beberapa orang saja sebagai perwakilan dari para peserta yang berjejak pendapat. Eeh tapi kalo tapi kalo ada satu kejadian nih, yang seperti himasper (Himpunan Mahasiswa Sumberdaya Perairan) alami, Hari ini, tanggal 19 Desember, 2015 dalam Agenda sidang pemilihan ketua Himasper periode 2015-2016, yang aku sudah lelah, menunggu keputusan kakak tukang ketok palu, yang udah berjam-jam musyawarah setengah hari full, memilih antara dua calon kandidat ketua Himasper super kece. Yaudah nih, ada satu jalan ‘Recommended’ yang dapat menuntun teman-teman semua dalam menentukan calon pemimpin baru.
6 pertanyaan peting yang akan menjadi pertimbangan sesesorang yang benar-benar pantas menjadi pemimpin yang benar-benar pemimpin:
1.Bersedia atau tidak untuk rela, ikhlas, & totalitas dalam berkontribusi?
2.Memimpin atau dipimpin?
3.Konsep atau teknis?
4.Hasil atau proses?
5.Keluarga atau organisasi?
6.Apabila terjadi masalah, dia lebih patuh kepada yang punya wewenang (memilih dosen) atau memihak ke mahasiswanya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM MK. IKHTIOLOGI FUNGSIONAL ANATOMI DAN MORFOLOGI IKAN

Pengertian Biota Air Tawar, Jenis-Jenis dan Peran Biota Air Tawar, Bahan Organik dan Nutrien bagi Biota Air Tawar, Rantai Makanan Ekosistem Biota Air Tawar, dan Penyebab Kelangkaan Biota Air Tawar dari Pemicu

BUDIDAYA IKAN KONSUMSI