Isi Kandungan Surat An-Nisa

Surat An-Nisa merpakan surat ke 4 dalam Al Quran dan teridiri dari 176 ayat. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari surat ini. Pada surat An-Nisa yang artinya Wanita ini, Allah menjelaskan tentang hukum keluarga, pokok-pokok hukum warisan,dan dasar-dasar untuk menetapkan perbuatan-perbuatan keji dan hukumnya, cara bergaul dengan istri, serta beberapa hukum perkawinan, bagaimana islam melindungi hak milik laki-laki dan perempuan,beberapa peraturan hidup bersuami-istri, kewajiban terhadap Allah dan sesema manusia, kesucian lahir dan batin dalam solat serta ancamannya ketika melanggar, dasar-dasar pemerintahan, serta taktik, tujuan dan etika perang dalam islam. Dalam taktik taktik, tujuan dan etika perang dalam islam dijelaskan mengenai keharusan siap siaga terhadap musuh, sikap orang-orang munafik dalam menghadapi peperangan, kewajiban berperang dan beberapa etikanya, cara menghadapi orang-orang munafik, nasihat berlaku teliti dalam mengambil tindakan, dan perbedaan antara orang yang berjihad dan yang tidak berjihad karena uzur, dengan yang tidak berjihad, kewajiban berhijrah di jalan Allah, serta kewajiban menegrjakan solat dalam keadaan bagaimanapun. Kemudian dalam surat An-Nisa dijelaskan pula keharusan menjaga kebenaran dan keadilan, yang diantarnya adalah keharusan adil dan tidak memihak dalam menetapkan suatu hukum, adanya pembalasan yang sesuai dengan perbuatan dan bukan menurut angan-angan, keharusan bertakwa, keharusan berlaku adil, beberapa keburukan orangg munafik, larangan melontarkan ucapan-ucapan buruk kepada seseorang, dan akibat kekafiran dan buah keimanan. Pada ayat-ayat terakhir surat An-Nisa diterangkan mengenai kesatuan agama Allah dengan penjelasan adanya pembalasan Allah terhadap pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi, persamaan pokok-pokok agama yang diwahyukan kepada para Rasul, pandangan Al Qur'an tehadap Nabi 'Isa a.s, dan masalah pustaka kalalah.

Berikut merupakan point-point yang saya telusuri per ayat dalam surat An Nisa,

Manusia pertama di Bumi adalah Adam, kemuadian diciptakan pasangan Adam yang terbuat dari tulang rusuknya. Kemudian dari keduanya berkembang biak, beranak pinak dan lahirlah kamu.

Jangan menukar yang baik dengan yang buruk, jangan korupsi. Berbagilah terutama dengan anak yatim.

Boleh poligami, batasnya empat saja dengan syarat mampu berlaku adil. Kalau tidak mampu berlaku adil jangan berlaku adil ya.

Ketika kamu yang laki-laki menikahi yang perempuan, berikanlah kepadanya mas kawin.

Nikahilah orang yang sudah baligh (dewasa) dan orang itu sudah paham bagaimana mengelola hartanya. Berikanlah uang belanja, belikanlah pakaian dan berkata-kata yang baik dan lembut kepada perempuanmu.

Ayat ke-6 dan selanjutnya silakan dibaca sendiri dalam Al-Quran ya :D Mari bersama-sama kita pelajari ALQur'an. Dalam suatu hadist pun dijelaskan sebaik-baiik orang adalah yang belajar AlQur'an dan yang mengajarkannya. Dalam ayat pertama yang diturunkan Allah adalah perintah "Iqra!" yang artinya "Bacalah!" oleh karena itu, bacalah ayat-ayatnya maupun terjemahannya. Jangan sampai hanya menjadi pajangan di atas almari, kan sayang, ayat-ayat yang seindah itu patutnya setiap hari kita selami dan hayati.

Selami dan hayati
Ayat-ayat yang sangat indah
Menyentuh hati siapa saja yang bertakwa
Membasahi kalbu seperti embun,
yang menyejukkan keringnya jiwa.

Selami dan hayati
Ayat-ayat yang sangat indah
Menerangkan jalan yang lampunya redup
Membuka akal walau tanpa bekal harapan

Selami dan hayati
Ayat-ayat yang sangat indah
Menjawab masalah yang entah akarnya dimana
Seperti kemenangan hamba sahaya yang dijajak sang durjana

Setiap hari,
Selami dan hayati
Ayat-ayat yang sangat indah
Dalam pekatnya malam
Atau dinginnya subuh sampai fajar menyingsing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM MK. IKHTIOLOGI FUNGSIONAL ANATOMI DAN MORFOLOGI IKAN

Pengertian Biota Air Tawar, Jenis-Jenis dan Peran Biota Air Tawar, Bahan Organik dan Nutrien bagi Biota Air Tawar, Rantai Makanan Ekosistem Biota Air Tawar, dan Penyebab Kelangkaan Biota Air Tawar dari Pemicu

BUDIDAYA IKAN KONSUMSI